Proyek elektronik rangkaian sakelar terang gelap

AYO BAGIKAN:
Ditengah pengembangan rangkaian elektronika komponen transistor masih tetap banyak penggemarnya dan yang paling penting harganya terjangkau. untuk memperkenalkan transistor kita akan membahas tentang cara membuat sakelar terang gelap. rangakaian ini memiliki kelebihan peka terhadap cahaya walau rancangannya sangat sederhana.

Rangkaian ini mampu bereaksi terhadap perubahan intensitas cahaya yang jatuh pada hambatan  yang peka terhadap cahaya atau sering kita kenal dengan LDR, rangkaian yang peka cahaya ini menggunakan duab buah transistor yang disebut dengan darlington pair.

Saat intensitas cahaya meningkat sejumlah intensitas yang di tentukan dengan pengaturan VR, pelantas dibangkitkan dan kontak sakelarnya digunakan untuk mengendalikan motor atau lampu daya guna.

Dengan mengganti LDR dan VR rangkaian akan membangkitkan pelantas saat simpangan cahaya meningkat atau menurun di bawah nilai tertentu, Rangkaian ini menunjukan versi oprasi gelap sehingga pelantas dapat menyalakan motor, bel, atau lampu saat tingkat cahaya renadah atau gelap misal pada saat menjelang malam.

Catatan : Rangkaian ini jangan digunakan untuk menyalakan dan memadamkan tegangan induk kecuali jika kamu mengikuti saran ahli listrik yang sudah teruji keahliannya, menyangkut masalah penyekatan, pembumian yang tepat, dan jenis pelantas yang digunakan.

Untuk membuat rangkaian ini kamu membutuhkan komponen seperti di bawah ini:
  • Transistor NPN,  Q1 dan Q2  tipe : 2N2222 atau ZTX300 untuk penggunaan umum dan jenis penguatan tinggi.
  • Resistor LDR : ORP12 atau sejenisnya
  • Resistor variabel : 220 Ohm untuk persii operasi gelap . Nilai yang lebih tinggi diperlukan untuk versi operasi terang
  • Resistor nilai tetap : 2,2 K Ohm , tipe 1/4 watt
  • Dioda penyearah tiype : IN4001
  • Sakelar nyala padam SW1 satu kutub satu buangan " single - pole, single-throw/SPST"
  • Pelantas RL1 : type 6V dengan kontak normal terbuka " Normally - open/NO
  • bahan tambahan batreai 9V dan timah.
Jika semua bahan sudah siap tinggal kamuperaktekan, semoga sukses dan terimakasih  telah berkunjung ke blog saya jika ada pertanyaan silahkan tuliskan di bawah ini.
AYO BAGIKAN:

Rangkaian

Post A Comment:

0 comments: