Cara membuat elektron bergerak

AYO BAGIKAN:

Seperti halnya gaya gravitasi dibutuhkan untuk membuat air mengalir disungai, gaya listrik dibutuhkan untuk membuat elektron mengalir melalui penghantar. jika penghantarnya berupa kawat tembaga seperti kamu bisa lihat dari gambar di atas.

Elektron akan mengalir melaluinya jika terdapat perbedaan gaya listrik pada kedua ujungnya. Gaya ini disebut dengan beda potensial dan dapat dikuur dalam satuan Volt. Karena lampu menyala saat dihubungkan ke terminal batrai , pasti terdapat beda potensial  di antara terminal - terminal itu agar listrik bisa mengalir melalui lampu.

Gaya listrik atau beda potensial ini yang dihasilkan oleh batrei disebut dengan gaya elektromotif atau gaya gerak listrik yang di beri lambang dengan huruf " E " baterai yang diukur dalam satuan Volt.

ad
Aliran elektron kamu bisa lihat pada gambar diatas elektron tersebut di sebut dengan arus listrik dengan lambang " I " dan dapat diukur besarnya dalam satuan Ampere yang di beri lambang huruf " A "

Sejumlah besar elektron bergerak dalams atu penghanar ketika arus listrik sebesar ampere melaluinya. Sebenranya, sekitar enam juta elektron melewati satu titik dalam rangakaian dalam setiap detik karena setiap muatan elektron membawa muatan listik, arus ini merupakan aliran muatan listrik melalui rangkaian.

Muatan listrik di beri lambang " Q " dan dapat diukur dalam satuan columb yang di beri lambang  " C ". Ketika arus listrik yang bergerak adalah satu colomb per detik. Jadi dapat dirumuskan dengan :

1 ampere = 1 colomb per detik

atau 1 A = 1 C/s

atau dapat dituliskan dengan , I = Q/t

Perlu kamu ketahui columb dan ampere diambil dari nama dua orang fisikiawan asal prancis yaitu Charles Augustin de Columb  yang lahir pada tahun 1736, dia adalah  insyiur militer pada masa mudanya, namun ketertarikannya pada percobaan ilmiah membawanya merumuskan hukum kuadrat terbalik gaya-gaya diantara bola - bola bermuatan listrik.

Andre Marie Ampere, lahir pada tahun 1775, dia adalah master pada bidang matematika lanjutan hebatnya pada usia 12 tahun dia bisa menjadi seorag frofesro yang terkenal agak pikun yang paling parah dia pernah lupa menghadiri undangan seorang kaisar Napolen

Ampere mempelajari gaya magnet yang mengelilingi penghantar pembawa arus listrik dan dia yang bertanggung jawab atas pemikiran bahwa arus listik mengalir dari terminal positif baterai yang dia yakini bahwa terminal ini memiliki lebih banyak  " cairan elektrik " dibandingkan dengan terminal negatif.
AYO BAGIKAN:

Komponen

Rangkaian

Post A Comment:

0 comments: